LAPORAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI
( PRAKERIN )
TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016
DI KOPPAS KRANGGAN
Diajukan untuk memenuhi persyaratan mengikuti Ujian Sekolah,Ujian Kompetensi dan Ujian Nasional
DISUSUN OLEH :
1. Ahmad Afandy ( 141510152 )
2. Gema Wahyu ( 141510168 )
Teknik Komputer dan Jaringan
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
SMK YADIKA 11 JATIRANGGA
Jl. Lurah Namat No.60 Jatirangga, Jatisampurna - Bekasi, Jawa Barat
LEMBAR PENGESAHAN SEKOLAH
Telah disahkan dan disetujui :
Pada Tanggal
18 Mei 2016
Oleh :
Ketua Jurusan Kompetensi Keahlian Guru Pembimbing
Teknik Komputer Dan Jaringan
Meiditya Ananto, S.E Nila Julpita Sinaga, Spd
Mengetahui,
Kepala Sekolah SMK YADIKA 11 Pembina HUBIN
LEMBARAN PENGESAHAN
LAPORAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI
KOPPAS KRANGGAN
JATISAMPURNA – KOTA BEKASI
NAMA NOMER INDUK JURUSAN
Ahmad Afandy 141510152 Teknik Komputerdan Jaringan
Gema Wahyu 141510168 Teknik Komputer dan Jaringan
Mengetahui dan Menyetujui :
Pimpinan Kantor Pembimbing Kantor
Marlina Nurjanah Al Fauziah
KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum wr.wb
Syukur Alhamdulillah penulis panjatkan kehadiarat Allah S.W.T yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah Nya, karena penulis dapat menyelesaikan laporan praktik kerja industri sesuai dengan jangka waktu yang telah diberikan oleh pihak sekolah. Dari hasil yang telah dilakukan dan dicapai selama penulis mengikuti proses Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) di KOPPAS KRANGGAN selama 2 bulan yaitu bulan Januari dan Februari 2016, penulis banyak mendapatkan pengetahuan yang lain di dalam dunia industri dan yang terutama sekali penulis juga banyak mendapatkan pengalaman berharga yang tak ternilai. Dan dengan bersumber dari hal-hal tersebut, akhirnya menjadi dasar dan bahan bagi penyusunan laporan ini.
Tidak lupa juga penulis ucapkan terimakasih kepada pihak-pihak yang telah membantu dan membimbing penulis dalam menyelsaikan laporan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN), diantaranya:
1. Bpk. Drs.Sadim Simamora, M.M, selaku Kepala Sekolah SMK YADIKA 11 Jatirangga
2. Bpk. Drs. Samsuri Alwahdy, selaku Wakil Kurikulum SMK YADIKA 11 Jatirangga
3. Bpk. Hosea Panjaitan, S.Pd, selaku Wakil Kesiswaan SMK YADIKA 11 Jatirangga
4. Ibu. Deni Solihan S.T selaku Pembina HUBIN SMK YADIKA 11 Jatirangga
5. Bpk. Sugiarto, S.Kom, selaku Wali kelas XI TKJ 1
6. Bpk. Anim imammudin,SE,MM selaku Ketua umum KOPPAS KRANGGAN
7. Ibu. Marlina, selaku manager KOPPAS KRANGGAN
8. Bpk. Meiditya Ananto, S.E selaku KAJUR TKJ SMK YADIKA 11 Jatirangga
9. Ibu. Nila Julpita Sinaga, Spd selaku pembimbing di SMK Yadika 11 Jatirangga.
10. Bpk. Nesin S.E dan Ibu. NurjanahAlFauziah selaku pembimbing kantor KOPPAS KRANGGAN
11. Bapak dan Ibu Guru SMK Yadika 11 Jatirangga yang telah memberikan bimbingan.
12. Bapak dan Ibu Karyawan karyawati KOPPAS KRANGGAN.
13. Kedua orangtua penulis yang telah memberi dorongan dan semangat.
14. Semua pihak yang tidak dapat penyusun sebutkan satu persatu yang senantiasa selalu membantu baik moral maupun materi, sehingga penulis dapat melanjutkan penyusunan laporan ini hingga selesai pada akhirnya.
Penulis menyadari Laporan ini masih sangat jauh untuk dikatakan sempurna karena masih banyak kesalahan dalam penyusunan maupun penggunaan bahasa, untuk itu penulis mengharapkan saran dan kritik yang bersifat membangun dari pembaca
Penulis harap laporan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) dapat bermanfaat bagi kita semua. Akhir kata penulis mengucapkan terimakasih.
Wabillahitaufik walhidayah Wassalamu’alaikum wr.wb
Bekasi, 18 Mei 2016
Penulis
DAFTAR ISI
HalamanJudul
Lembar Pengesahan Sekolah
Lembar Pengesahan Perusahaan
Kata Pengantar........................................................................................................... i
Daftar Isi........................................................................................................ ii
BAB I PENDAHULUAN.............................................................................. 1
1.1 Latar Belakang.............................................................................. 1
1.2 Dasar Penulisan............................................................................. 3
1.3.1 Maksud.................................................................................................. 3
1.3.2 Tujuan.................................................................................................... 4
1.4 Landasan Hukum.................................................................................. 5
1.5 Waktu dan Tempat Pelaksanaan........................................................... 6
BAB II GAMBARAN PERUSAHAAN DAN INSTANSI............................. 7
2.1 Sejarah dan Profil Perusahaan ............................................................ 7
2.2 Visi dan Misi Perusahaan ............................................................. 9
2.3 Struktur Organisasi Perusahaan..................................................... 10
BAB III LAPORAN KEGIATAN........................................................................ 11
3.1 Pelaksanaan Kegiatan.......................................................................... 11
3.2.1 Hasil..................................................................................................... 14
3.2.2 Evaluasi Kegiatan................................................................................ 14
BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN............................................................ 15
4.1.1 Kesimpulan.................................................................................. 15
4.1.2 Saran...................................................................................................... 16
BAB V PENUTUP ...................................................................................... 17
Penutup........................................................................................................... 17
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Perludisadari bahwa sampai pada saat ini lulusan SMK belum dapat diserap langsungoleh pihak dunia usaha maupun industri. Secara kasat mata terbukti hampir setiap dunia usaha/ industri ketika merekrut tenaga kerja lulusan SMK masih menerapkan Pendidikan dan Pelatihan bagi yang telah lolos seleksi penerimaan karyawan rata-rata 3 (tiga) bulan. Hal ini menunjukan bahwa keterampilan yang dimiliki lulusan SMK belum diakui oleh pihak dunia usaha/ industri.
Sesuai dengan hasil pengamatan dan penelitian Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan, pola penyelenggaraan di SMK belum secara tegas dapat menghasilkan tamatan sebagaimana yang diharapkan. Hal tersebut dapat dilihat dari kondisi pembelajaran yang belum kondusif untuk menghasilkan tenaga kerja yang professional, karena keahlian professional seseorang tidak semata-matadiukur oleh penguasaan unsur pengetahuan dan teknik bekerja, tetapi harus dilengkapi dengan penguasaan kiat (arts) bekerja yang baik.
Penggunaan unsur ilmu pengetahuan dan teknik bekerja dapat dipelajari di sekolah, namun untuk kiat adalah sesuatu yang tidak dapat diajarkan tetapi harus dikuasai melalui pembiasaan dan internalisasi.
Untuk kiat yang menjadi factor utama penentu kadar keahlian professional seseorang, hanya dapat dikuasai melalui cara mengerjakan pekerjaan pada bidang profesi itu sendiri. Karena itulah tumbuh suatu aturan keahlian professional berdasarkan jumlah pengalaman kerja. Misalnya tingkat keahlian seorang pilot diukur dari jumlah jam terbangnya, tingkat keahlian seorang montir diukur dari jumlah tahun kerjanya sebagai seorang montir, dan sertifikat seorang “wekder” bisa batal apabila lebih dari satu tahun tidak lagi mengerjakan mengelas.
Mata diklat praktik kejuruan yang disajikan di sekolah biarpun menggunakan peralatan yang lengkap dan modern, pada dasarnya hanya mampu menyajikan proses dan situasi peniruan (simulasi), karena bukan situasi yang sesungguhnya, oleh karena itu sulit diharapkan untuk mampu memberikan keahlian sebagaimana yang diharapkan.
Penulis membuat laporan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) berdasarkan kegiatan-kegiatan yang penulis lakukan selama Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) dari tanggal 05 januari 2016 sampai 29 februari 2016 di KOPPAS KRANGGAN.
Adapun laporan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) dilengkapi juga dengan sejarah perusahaan (KOPPAS KRANGGAN),visi dan misi perusahaan dan struktur organisasinya.
Disamping itu, laporan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) juga dilengkapi dengan kegiatan-kegiatan yang penulis lakukan selama Praktik Kerja Industri (PRAKERIN), dan di lengkapi dengan kritik dan saran-saran.
1.2 Dasar Penulisan
Adapun metode penulisan yang penulis terapkan dalam laporan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN), diantaranya :
1. Metode Kepustakaan, yaitu penulis mencari bahan melalui buku dan internet.
2. Metode Interview, yaitu menanyakan langsung bahan-bahan pembuatan laporan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) kepada narasumber.
3. Penulis mencari data-data dan sumber-sumber tulisan yang didapatkan dari hasil melaksanakan prakerin selama dua bulan.
4. Penulis juga mendapatkan informasi dari pembimbing perusahaan mengenai sejarah, visi dan misi, struktur organisasi, dan lain-lain.
1.3 Maksud dan Tujuan
1.3.1 Maksud
Maksud dilaksanakannya Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) ini antara lain : PRAKERIN (Praktik Kerja Industri) adalahkegiatan pendidikan, pelatihan, dan pembelajaran yang dilaksanakan didunia usaha atau dunia industri yang relevan dengan kompetensi (kemampuan) siswa sesuai bidangnya. Prakerin merupakan salah satu program yang telah ditentukan oleh Sekolah Menengah Kejuruan sebagai kegiatan siswa/siswi untuk mencari pengalaman kerja sebelum memasuki dunia kerja yang sesungguhnya, sehingga dengan diadakannya Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) dapat meningkatkan mutu dan relevensi Pendidikan Menengah Kejuruan yang dapat diarahkan untuk mengembangkan suatusistem yang mantap antara dunia pendidikan dan dunia usaha.
1.3.2 Tujuan
Adapun tujuan penulis membuat laporan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) ini antara lain :
1. Menumbuhkan dan meningkatkan sikap professional, daya kreasi dan produktifitas, sebagai persiapan dalam memasuki dunia kerja yang sesungguhnya.
2. Dapat memenuhi syarat untuk mengikuti Ujian Sekolah (UAS) dan Ujian Nasional(UN).
3. Mengimplementasikan materi yang selama ini didapatkan disekolah.
4. Menjadi siswa yang siap kerja, mempunyai skill dan berguna untuk dirinya sendiri ataupun orang lain.
5. Menjalin kerjasama yang baik antara sekolah dengan dunia industri maupun dunia usaha.
6. Untuk memenuhi kurikulum yang ada pada saat ini.
7. Sebagai bukti tertulis telah melakukan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) di KOPPAS KRANGGAN.
8. Memperkokoh link and match antara SMK dan dunia kerja.
9. Meningkatkan efektifitas dan efesiensi proses pendidikan dan pelatihan kerja berkualitas.
10. Belajar mengemukakan pendapat dalam bentuk tulisan.
1.4 Landasan Hukum
Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) yang merupakan bagian dari kurikulum di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) berlandaskan sejumlah perundang-undangan, antara lain:
1. PP 29 Bab XI Pasal 20 ayat 1 berbunyi: “penyelenggaraan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dapat bekerja sama dengan masyarakat dan para dermawan untuk memperoleh sumber daya dalam rangka menunjanng penyelenggaraan dan pengembangan pendidikan.”
2. PP No.39 Bab III Pasal 4 butir 8 yang berbunyi: “Peran Serta masyarakat dapat berbentuk pemberian kesempatan untuk magang atau pelatihan kerja.”
3. Keputusan Mendikbud Nomor 086/u/1993 Bab VI butir CI (Kurikulum 1994, SMK) yang berbunyi : “Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)dapat memilih pola penyelenggaraan pendidikan sebagaiberikut:
a. Menggunakan Unit ProduksiSekolah yang berorientasisecara professional sebagaiwahanapelatihankejuruan.
b. Melaksanakan sebagai kelompok mata pelajaran kejuruan di sekolah dan sebagailainnya di dunia usaha industri (DU/DI).
1.5 Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Adapun waktu untuk melaksanakan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) adalah mulai dari tanggal 5 Januari s/d 29 Februari 2016 bertempat di KOPPAS KRANGGAN Jl. Raya Pasar Kranggan No. 12 Jatisampurna, Bekasi – Jawa Barat 17433 - Telp. (021) 84312316-7 – Fax. (021) 84592683Email koppaskranggan@yahoo.co.id
BAB II
GAMBARAN PERUSAHAAN DAN INSTANSI
2.1 Sejarah Singkat dan Profile Perusahaan
Koperasi pedagang pasar kranggan (koperasi kranggan) jatisampurna, kota bekasi adalah sebuah koperasi pedagang pasar yang bergerak di bidang jasa yang beranggotakan sebagian besar pedagang pasar kranggan Jatisampurna Kota Bekasi dan sekitarnya yang mempunyai kaitan ekonomi.
KOPERASI KRANGGAN Jatisampurna Didirikan dengan tujuan Bahwa pedagang pasar kranggan ingin memiliki lembaga ekonomi yang di miliki oleh para pedagang dengan harapan dapat membantu di bidang permodalan. Pembentukan KOPERASI KRANGGAN Jatisampurna awalnya di pelopori oleh pedagang pasar Kranggan Jatisampurna itu sendiri, di antaranya pelopor tersebut adalah, Kisan, H. Niman Bakri, Saman Budi dan Budianto.
Saat di bentuk KOPERASI KRANGGAN Jatisampurna, anggotanya hanya dari kalangan pedagang Pasar kranggan Jatisampurna saja. Tentunya dalam pengolahan manajemen pun KOPERASI KRANGGAN Jatisampurna masih sangat sederhana.
Namun berkat tekad dan kesungguhan pengurusnya pada saat itu, akhirnya KOPERASI KRANGGAN Jatisampurna terus dapat berjalan meskipun hasil uang dicapai berjumlah maksimal. Hal ini karena SDM yang mengolah KOPERASI KRANGGAN Jatisampurna belum dapat memahami soal koperasi secara baik.
Di tahun 1997 kondisi KOPERASI KRANGGAN sempat mengalami kesulitan dalam pengolaannya,sehingga menimbulkan banyaknya kritikan dan reaksi dari para anggota KOPERASI KRANGGAN yang meminta para pengurus untuk segera memperbaiki sistem manajemen KOPERASI KRANGGAN agar dapat lebih baik lagi dari sebelumnya.
Tentunya hal ini membuat Anim Imanuddin, SE, MM bersama pengurus KOPERASI KRANGGAN berusaha sekuat tenaga untuk mewujudkan permintaan tersebut. Lantas Anim Imanuddin dan pengurus berinisiatif mendatangi dan meminta kesediaan H. Djamil Alba untuk terlibat dalam kepengurusan KOPERASI KRANGGAN.
H. Djamil Alba merupakan tokoh koperasi yang banyak berkiprah dalam kemajuan dunia Koperasi Indonesia yang tinggal di wilayah jatisampurna, Kota Bekasi. Lalu H. Djamil Alba diangkat sebagai Ketua KOPERASI KRANGGAN dan Anim Imanuddin menjabat sebagai manajer pada masa tahun 1997 - 2000.
Namun disaat mulai mengalami perbaikan sistem manajemennya yang dibantu oleh Mursyid ZA seorang pakar Koperasi, H. Djamil Alba secara mendadak meninggal dunia, maka akhirnya pengurus KOPERASI KRANGGAN meminta dan sepakat memutuskan menunjuk Anim Imanuddin untuk menjadi ketua KOPERASI KRANGGAN pada periode salanjutnya.
Ditangan Anim Imanuddin , KOPERASI KRANGGAN terus mengalami perkembangan yang sangat signifikan. Tepatnya 3 Agustus 1997 KOPERASI KRANGGAN mulai berkoperasi kembali dengan merubah badan hukumnya pada 12 Desember 1989 dari 914/BH/KWK/10/8 menjadi 9184/BH/PAD/KWK/10/I/1998 pada 12 Januari 1998. Hal ini dilakukkan mengacu dengan UU No.25 Tahun 1995. Dan sejak adanya perubahan mengenai Badan hukum dan kepengurusan koperasi kranggan jatisampurna, berhasil meraih predikat KOPERASI BERPRESTASI TINGKAT NASIONAL pada hari Koperasi yang ke 56 yang dipusatkan di Wonogiri, Jawa Tengah.
2.2 Visi dan Misi Perusahaan
2.2.1 Visi
Visi dari KOPERASI KRANGGAN JATISAMPURNA adalah Memperdayakan lembaga koperasi dan usaha kecil sebagai pelaku ekonomi yang diarahkan untuk menciptakan struktur ekonomi yang kuat, maju, tangguh, dan mandiri di wilayah jatisampurna.
2.2.2 Misi
Misi dari KOPERASI KRANGGAN JATISAMPURNA adalah Meperkokoh gerakan ekonomi rakyat agar dapat mempercepat proses, kesejahteraan anggota yang saling menguntungkan menuju anggota yagn sejahtera.Memperdayakan koperasi agar mampu mengembangkan dirinya sendiri menjadi koperasi maju, mandiri dan bermanfaat bagi masyarakat dan anggota.
2.3 Struktur Organisasi Perusahaan
Struktur Organisasi
KOPPAS KRANGGAN
BAB III
LAPORAN KEGIATAN
3.1. Pelaksanaan Kegiatan
Berikut adalah kegiatan penulis, selama mealakukan praktik kerja industri (PRAKERIN) di KOPPAS KRANGGAN mulai 5 Januari 2016 sampai dengan 29 Februari 2016 dari pukul 08:00 wib - 15:00 wib, diantaranya:
1. Mencatat Angsuran USP
Angsuran USP adalah Angsuran Unit Simpan Pinjam yang di lakukan masyarakat dalam bentuk tabungan atau pinjaman kepada koperasi.
· Langkah-Langkah Melakukannya :
Mencatat angsuran USP dari kertas bukti pembayaran USP kemudian dikelompokan sesuai bulan pembayaran ke kertas yang berbeda yang sudah disediakan yang biasanya terdiri dari nomor rek., nama pembayar, tanggal dan bulan, jumlah uang pembayaran, dan setelah selesai kemudian menjumlahkannya.
2. Menyiapkan Data Anggota
Data Anggota adalah Data - data yang berisikan tentang pembayaran yang dilakukan anggota atau Nasabah simpan pinjam
· Langkah-Langkah Melakukannya :
Mencatat dari bukti pembayaran anggota ke masing – masing buku anggota
3. Memfotocopy Dokumen
Memfotocopy dokumen adalah suatu cara menggandakan dokumen menggunakan mesin fotocopy.
· Langkah-Langkah melakukannya :
Memfotocopy dokumen menggunakan mesin fotocopy dengan ketentuan ingin seberapa banyak dokumen tersebut ingin digandakan.
4. Menghitung Pembayaran Angsuran Anggota
Menghitung angsuran pembayaran secara keseluruhan hingga mendapatkan jumlah akhir.
· Langkah-Langkah Melakukannya :
Menghitung jumlah pembayaran angsuran harian anggota koperasi menggunakan alat hitung (kakulator).
5. Mengarsipkan Dokumen
Mengarsipkan dokumen adalah kumpulan surat yang disimpan secara teratur, terencana, karena mepunyai nilai sesuatu kegunaan agar setiap hari diperlukan dapat cepat ditemukan kembali.
· Langkah-Langkah Melakukannya :
Mengarsipkan dokumen map dan mengurutkannya sesuai nomor map.
6. Mencatat clim kesehatan kariyawan
Clim kesehatan adalah suatu bukti surat pemeriksaan kariyawan kesehatan yang dicatat perusahaan sebagai tanda bukti agar .
· Langkah-Langkah Melakukannya :
Mencatat clim kesehatan kariyawan dari surat dokter seperti : nama kariyawan, jumlah uang, nama tempat pemeriksaan, tanggal pemeriksaan.
7. Mencatat Alamat Tujuan Surat
· Langkah – langkah Melakukannya :
Mencatat alamat tujuan diamplop yang telah disediakan kemudian disesuaikan dengan alamat yang tertera pada surat tersebut.
8. Mengelompokan Mutasi Harian
Mutasi Harian adalah suatu pencatatan yang terjadi adanya penerimaan dana atau pengeluaran dana.
· Langkah – langkah Melakukannya :
Mengelompokan lembaran data mutasi harian yang diurutkan sesuai tanggal, bulan, dan tahun.
3.2. Hasil dan Evaluasi Kegiatan
3.2.1. Hasil
Selama kegiatan PRAKERIN (Praktek Kerja Industri) penulis dapat mendapat pengalaman yang tidak pernah penulis rasakan dan yang paling penting, bisa mengenal dunia kerja. Penulis juga mendapatkan ilmu mengenai kesopanan dan tata ramah di dunia kerja yang sebenarnya. Akhirnya pada penulis kesempatan ini penulis dapat mengetahui apa arti berkerjasama di dalam maupun di luar dunia kerja.
3.2.2.Evaluasi Kegiatan
Dalam penyusunan laporan hasil belajar dan pembelajaran hal yang harus di perhatikan adalah :
1. Laporan sebagai ukuran tingkatan keberhasilan perserta didik.
2. Laporan dapat menggambarkan klasifikasi siswa ke dalam kelompok prestasi (amat baik, baik, cukup, dan kurang)
3. Laporan dapat di jadikan acuan untuk seleksi kecakapan perserta didik dalam bidang kompetensi keahlian masing-masing.
BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN
4.1 Kesimpulan dan Saran
4.1.1 Kesimpulan
Setelah penulis melakukan Prakerin Kerja Industri di KOPPAS KRANGGAN selama kurang lebih 2 bulan, penulis mulai belajar dan sedikit demi sedikit mulai mengerti dunia industri pekerjaan yang selesaikan dengan ilmu yang didapat penulis di sekolah yang kemudian dapat juga dilakukan di dunia kerja. Melalui hal tersebut sudah banyak pengalaman dan ilmu yang bisa dipetik dari kegiatan Prakerin Kerja Industri (PRAKERIN) ini, dan semoga dengan adanya hal tersebut akan menjadi pedoman dan bekal bagi penulis untuk menyambut masa depan dalam dunia pekerjaan.
Dari hasil selama penulis mengikuti Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) di KOPPAS KRANGGAN. Maka dapat penulis simpulkan bahwa :
1. Praktik Kerja Industri (PRAKERIN), merupakan suatu media antar lembaga pendidikan dengan lembaga perindustrian.
2. Disiplin, jujur, berkomunikasi, dan bertanggung jawab merupakan suatu hal yang harus di perhatikan dan dilaksanakan oleh semua pihak yang terlibat dalam kondisi kerja untuk menghindari dari hal-hal yang tidak diinginkan, yang suatu saat dapat menimpa dan merugikan seseorang.
4.1.2 Saran
Setelah melakukan Praktik Kerja Industri ( PRAKERIN ) Penulis ada beberapa saran yaitu :
1. Sekolah diharapkan agar dapat meningkatkan kerjasama efektif dengan pihak perusahaan, sehingga memudahkan siswa-siswi untuk melaksanakan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN).
2. Alangkah baiknya jika pihak sekolah terlebih dahulu memberi bekal dan ilmu lebih kepada siswa/siswi yang hendak melakukan Praktik Kerja Lapangan.
3. Jangkauan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) diperluas.
4. Diharpkan para guru pembimbing lebih memantau kepada siswa/siswi yang melakukan Praktik Kerja Lapangan dengan sesering mungkin agar terjalinnya hubungan harmonis antara siswa dengan guru pembimbing.
5. Penempatan siswa/i untuk Praktik Kerja Industri diharapkan sesuai dengan Jurusan masing - masing
Dari saran-saran penulis diatas hanyalah saran yang menunjukan agar terjalinnya kegiatan Praktik Kerja Lapangan ini secara sempurna, semoga melalui hal ini baik dari Staff Perusahaan dan Staff Sekolah bisa menerimanya dengan senang hati dan berguna juga bagi siswa/siswi. SMK.YADIKA 11.
BAB V
PENUTUP
Dengan mengucapkan puji dan syukur kepada Allah SWT, karena atas berkat rahmat dan karunia nya penulis dapat menyelesaikan laporan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN). Penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu, membimbing, serta memberi semangat kepada penulis, walau pun masih banyak kekurangan, namun setidaknya penulis mengharapkan laporan ini dapat bermanfaat khususnya bagi penyusun umumnya bagi rekan-rekan.
Dengan hati yang lapang penulis mengharapkan saran-sarannya dan masukan untuk melengkapi dan menyempurnakan laporan ini dari berbagai pihak yang rela mengkajinya.
Penulis mengucapkan mohon maaf bila masih ada kesalahan dalam penyusunan maupun penulisan . Penulis harap laporan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) ini dapat bermanfaat bagi kita semua.
Atas kesediaan dan keiklasannya kami berdo’a semoga segala kebaikan dan dukungan semuah pihak mendapat balasan dari Allah SWT, Hanya kepada dialah bertawakal dan kepada dia pula segala sesuatu akan kembali. Semoga Allah SWT melimpahkan anugrah, karunia, hidayah agar kita senantiasa berada dalam tuntunan dan lindungan-nya.
Akhir kata Penulis mengucapkan terima kasih.
DAFTAR PUSTAKA
Berkas Arsip , Sejarah&Profil KOPPAS KRANGGAN. PT Raja GrafindoPersada: jakartaSutantya.
http://www.smkyadika11.sch.id
http://www.koppas-kranggan.co.id
Afandy, Ahmad. 2016. Agenda PRAKERIN.
Wahyu, Gema Ramadhan. 2016. Agenda PRAKERIN.
LAMPIRAN
1. Daftar Riwayat Hidup
· Nama : Ahmad Afandy
Tempat Tanggal Lahir : Bekasi, 22 Oktober 1999
Agama : Islam
Status : Anak ke-2 dari 3 bersaudara.
Tingkat TK : TK. Ash Shofaaniyyah, Tahun 2004 - 2005
Tingkat SD : SDN. Jatiwarna IV, Bekasi,Tahun 2005 - 2011
Tingkat SMP : SMPN. 28 Bekasi, Tahun 2011 - 2014
Alamat : -
No.telp/WA : -
Email : ahmadafandy131@gmail.com
· Nama : Gema Wahyu Ramadhan
Tempat Tanggal Lahir : Bekasi, 19 November 1999
Agama : Islam
Status : Anak ke-3dari 3 bersaudara.
Tingkat TK : TK. Hidayatutaufik, BekasiTahun 2004 - 2005
Tingkat SD : SDIT. Hidayatutaufik, BekasiTahun 2005-2008
MI. Al-ishlah, Bekasi, Tahun 2008 - 2011
Tingkat SMP : MTsN 29 Jakarta Timur, Tahun 2011 - 2014
Alamat : -
· Dokumentasi
Komentar
Posting Komentar